UNSPECIFIED PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI SATAP TO’BAKKUN KABUPATEN LUWU. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
![[thumbnail of Skripsi Rimah]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RIMAH UT.pdf
Download (1MB)
Abstract
Skripsi membahas tentang hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap To‘Bakkun setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (stad). Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas menggunakan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observaasi, dan refleksi. Penelitian ini direncanakan terdiri dari III siklus dan dilaksanakan sebanyak 1 kali pertemuan pada setiap siklus. Sasaran penelitian adalah peserta didik SMP Negeri Satap To‘Bakkun kelas VII A semester genap. Objek penelitian ialah berupa kegiatan student team achievement division pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri Satap To‘Bakkun setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (stad) menunjukkan adanya perubahan yang signifikan terlihat dari peserta didik yang aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam, sehingga rata-rata nilai hasil belajar peserta didik terus meningkat. Nilai rata-rata hasil tes pemahaman peserta didik pada siklus I ialah 61,91%, siklus II nilai rata-rata ialah 82,26% dan siklus III nilai rata-rata ialah 87,43%. Hal tersebut juga didukung dengan meningkatknya antusias dan aktivitas peserta didik dan partisipasinya mengikuti pembelajaran. Adapun nilai aktivitas belajar peserta didik yaitu pada pra siklus nilai rata-rata ialah 58,10%, siklus I nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik ialah 73,42%, siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar ialah 83,92% dan siklus III nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik 87,92%. Motivasi peserta didik dalam bertanya dan menjawab pertanyaan juga meningkat, sehingga menumbuhkan sikap yang kritis, saling menghargai pendapat orang lain dan inovatif dalam mengatasi persoalan yang dihadapi dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Student teams achievement divisions, dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:53 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:53 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11608 |