Armila, Dian (2025) ANALISIS POTENSI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI GEN Z SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
![[thumbnail of Skripsi Dian Armila]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_DIAN ARMILA, S.Pd._1.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji penggunaan instagram oleh siswa Gen Z di SMAN 2 Palopo sebagai media pembelajaran pembelajaran PAI. Tujuannya adalah memahami bagaimana mereka menggunakan platform tersebut untuk belajar
agama terkhusus pada materi menjauhi pergaulan bebas dan perbuatan zina guna meningkatkan harkat manusia. Selain itu, untuk mengetahui peluang dan tantangan penggunaan media sosial instagram dikalangan Gen Z sebagai media pembelajaran PAI.Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penggumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa Gen Z kelas X SMAN 2 Palopo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial instagram sesuai dengan karakteristik Gen Z. Kesesuaian tersebut dapat dilihat dari gaya belajar mereka yang menyukai pembelajaran dalam bentuk visual serta konten-konten yang berdurasi pendek. Dalam penerapannya tentunya terdapat peluang dan tantangan yang dihadapi. Peluang tersebut adalah meningkatkan minat belajar, kemudahan mengakses materi PAI, ketersediaan ruang interaksi dengan sesama penggunanya. Adapun tantangan yang akan dihadapi adalah penurunan fokus belajar, kevalidan atau keabsahan sumber informasi yang masih dipertanyakan dan kurangnya interaksi yang terstruktur. Instagram memiliki potensi yang signifikan sebagai media pembelajaran namun efektivitasnya sangat
bervariasi dan efektivitas ini belum sepenuhnya optimal dan masih dihadapkan pada sejumlah tantangan diantaranya adalah distraksi yang tinggi, dan keterbatasan platform untuk materi PAI yang membutuhkan diskusi mendalam.
Dengan demikian, instagram dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang bermanfaat namun memerlukan pendekatan yang terstruktur untuk menggapai keefektivitasannya.
Kata kunci: Instagram, Media Pembelajaran, Gen Z, Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dahniar Abdullah |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 03:04 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 03:04 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11609 |