Heni, Heni (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI AQIDAH DAN AKHLAK DI KELAS X TKJ SMKN 3 LUWU. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Heni] Text (Skripsi Heni)
1802010076 HENI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai penelitian pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam berbantuan aplikasi Canva pada materi aqidah dan akhlaq di kelas X TKJ SMKN 3 Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui validitas media pembelajaran bahan ajar berbantuan aplikasi Canva pada materi aqidah dan akhlaq di Kelas X TKJ SMKN 3 Luwu; mengetahui praktikalitas media pembelajaran bahan ajar berbantuan aplikasi canva pada materi aqidah dan akhlak di Kelas X TKJ SMKN 3 Luwu; mengetahui efektivitas media
pembelajaran bahan ajar berbantuan aplikasi Canva pada materi aqidah dan akhlak di Kelas X TKJ SMKN 3 Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan model pengembangan
ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) tahap analyze, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap implementation, dan (5) tahap evaluation. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2024 dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas X TKJ SMKN 3 Luwu. Adapun objek penelitian adalah bahan ajar berupa bahan ajar pendidikan agama Islam berbantuan aplikasi Canva materi aqidah dan akhlak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, dan angket
praktikalitas pendidik dan peserta didik. Kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar berbaruan aplikasi Canva yang divalidasi oleh 3 validator yaitu validator media dengan persentase 87,5% (sangat valid), validator materi sebesar 93% (sangat valid), dan validator bahasa sebesar 84% (valid). Serta persentase rata-rata nilai dari ketiganya sebesar 88% (sangat valid). Untuk hasil uji kepraktisan guru diperoleh nilai sebesar 100% (sangat praktis) dan hasil uji kepraktisan peserta didik sempurna yaitu 87,5% (sangat praktis). Penggunaan bahan ajar berbantuan Canva telah diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 94% dari jumlah peserta didik yang mencapai skor 75 dari soal pilihan ganda. Demikian bahan ajar pendidikan agama Islam berbantuan aplikasi Canva layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Aplikasi Canva, Aqidah dan Akhlak, Bahan Ajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 17 Oct 2025 05:55
Last Modified: 17 Oct 2025 05:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11613

Actions (login required)

View Item
View Item