Matahari, Matahari (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KREATIVITAS BERWIRAUSAHA TERHADAP KEBERHASILAN UMKM DI KOTA PALOPO (Studi pada Usaha Kriya di Kota Palopo). Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
2104030083 MATAHARI.pdf
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Sosial dan Kreativitas Berwirausaha Terhadap Keberhasilan UMKM di Kota Palopo (Studi pada Usaha Kriya di Kota Palopo). Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh media sosial dan kreativitas berwirausaha terhadap keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya pada sektor usaha kriya di Kota Palopo. Rumusan masalah yang diangkat mencakup tiga fokus utama: (1) pengaruh media sosial terhadap keberhasilan usaha kriya, (2) pengaruh kreativitas wirausaha terhadap keberhasilan usaha kriya, dan (3) pengaruh simultan media sosial dan kreativitas wirausaha terhadap keberhasilan usaha kriya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan lapangan, menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Secara parsial media sosial tidak berpengaruh terhadap keberhasilan UMKM di Kota Palopo. 2). Secara parsial, kreativitas berwirausaha juga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keberhasilan UMKM di Kota Palopo. 3). Secara simultan, media sosial dan kreativitas berwirausaha berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan UMKM dengan kontribusi sebesar 45,1%..
Kata Kunci: Media Sosial, Kreativitas Wirausaha, Keberhasilan UMKM.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.31 Bagian-bagian Manajemen Sumber Daya Manusia | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah | 
| Depositing User: | Dahniar Abdullah | 
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 00:40 | 
| Last Modified: | 21 Oct 2025 00:40 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11640 | 
