Samsuddin, Mawar (2025) PENGARUH PROMOTIONAL MIX (CAMPURAN PROMOSI) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA KONTER NAIRA CELL BAJO KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
2104030090 Mawar Samsuddin.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertising, personal selling, publicity, dan sales promotion terhadap minat beli konsumen pada Konter Naira Cell di Bajo Kabupaten Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel sebanyak 96 responden diambil menggunakan rumus
Lemeshow. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala Likert, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik untuk mengetahui hubungan antara variabel promosi dan minat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen promosi seperti advertising, personal selling, sales promotion, dan publicity memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap minat beli konsumen di lokasi penelitian, dengan nilai koefisien regresi berturut-turut sebesar 0,389; 0,427; 0,962; dan 0,971. Secara simultan, variabel promosi berpengaruh terhadap minat beli dengan nilai R² sebesar 0,393, yang berarti 39,3% variasi minat beli dapat dijelaskan oleh variabel promosi. Pembahasan menekankan pentingnya penerapan strategi promotional mix yang tepat dalam meningkatkan minat beli dan loyalitas pelanggan. Temuan ini dapat digunakan sebagai dasar pengembangan strategi pemasaran yang efektif di industri konter telepon seluler.
Kata Kunci: advertising, minat beli, personal selling, publicity, sales promotion
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 01:58 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 01:58 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11646 |
