Jumadir, Muh Rafli Al-Rasyd (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PEMBUATANBATAKO PADAUD.SIKARODALAMMENJAGALOYALITAS PELANGGAN DI DESAJALAJJA. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
2004010155 MUH RAFLI AL-RASYD JUMADIR.pdf
Download (2MB)
Abstract
Usaha Kecil Menengah (UKM) memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia, tentu dalam menjalankan usaha tidaklah mudah. Dibutuhkan manajemen strategi yang
baik agar usaha tetap berjalan dan berkembang. UD Sikaro merupakan usaha pembuatan batako yang telah beroperasi dari tahun 2017 sampai sekarang dan tentu sudah memiliki
pelanggan yang loyal. usaha UD Sikaro memiliki masalah baik dari faktor internal maupun faktor eksternal yang dapat mengganggu perkembangan usaha tersebut. Adapun tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, dengan menggunakan analisis SWOT dan mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha pada UD Sikaro. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan penelitian secara kualitatif melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Setelah mengumpulkan data lapangan, penulis akan mengumpulkan data, yang kemudian dianalisis secara menyeluruh dan disimpulkan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam pengembangan usaha batako UD sikaro. Hasil dari analisis SWOT, setelah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman, menunjukkan bahwa usaha batako UD sikaro memiliki kekuatan utama pada harga produk yang terjangkau, kualitas produk yang baik, serta efisiensi sesuai produksi,
yang didukung oleh sarana dan pembagian tugas yang jelas dan memiliki kelemahan yaitu proses produksi yang masih sederhana, kualitas pekerja, sistem promosi yang belum
optimal, dan modal awal tergolong besar. Sementara itu identifikasi peluang menunjukkan bahwa UD sikaro di untungkan oleh ketersediaan bahan baku, dan tenaga
kerja yang mudah serta murah, dan masyarakat desa jalajja yang lebih memilih batako, namun perusahaan juga dihadapkan pada ancaman persaingan dari pengusaha batako
lain, fluktuasi harga bahan baku, munculnya material konstruksi alternatif, serta dampak perubahan iklim atau cuaca terhadap produksi, maka dari itu berdasarkan berdasarkan
analisis SWOT, strategi pengembangan usaha UD sikaro di fokuskan pada pemanfaatan keunggulan harga dan kualitas untuk memperkuat posisi di pasar yang loyal, sembari
mengatasi kelemahan melalui peningkatan kualitas dan efisiensi pekerja serta pengembangan sistem promosi yang lebih efektif. Dalam menghadapi ancaman, UD sikaro perlu mempertahankan daya saing produk dan mengelola risiko fluktuasi harga bahan baku serta cuaca, implementasi ini diharapkan mampu meningkatkan loyalitas
pelanggan dan memastikan keberlanjutan usaha UD sikaro di desa jalajja.
Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Strategi Pengembangan usaha, Analisis SWOT
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 01:28 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 01:28 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11658 |
