Maharuni, Maharuni (2025) IMPLEMENTASI FINTECH PADA PELAYANAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP RATULANGI KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Maharuni] Text (Skripsi Maharuni)
SKRIPSI MAHARUNI-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana implementasi fintech pada pelayanan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Ratulangi Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana praktek atau implementasi fintech pada BSI berdasarkan beberapa aspek, seperti mobile payment, pinjaman online, manajemen kekayaan digital, teknologi blockchain, robo-advisor, dan kecerdasan
buatannya. Hal ini begitu penting mengingat di zaman sekarang teknologi telah mempunyai andil besar termasuk dalam hal pelayanan nasabah atau konsumen, bagaimana teknologi dimanfaatkan secara optimal dalam pemenuhan kebutuhan konsumen dan menjadi salah satu faktor kunci penentu kepuasan masyarakat. Berdasarkan tujuannya, peneliti melakukan penelitian ini dikarenakan ingin mengukur sejauh mana keterlibatan fintech terhadap pelayanan nasabah pada bank terkait. Faktanya, dengan salah satu aspek fintech seperti mobile payment yang dimiliki BSI yaitu BSI Mobile, telah memudahkan nasabah dalam bertransaksi secara online. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan penggunaan aplikasi tersebut dalam setahun terakhir yang mencapai 56%. Belum lagi banyaknya layanan lain yang dimiliki BSI yang dapat memudahkan nasabahnya dalam hal pembiayaan atau
kredit, seperti Mitraguna BSI, BSI Oto, dan e-mas. Serta yang tak kalah pentingnya yaitu layanan live chat bernama Chat Aisyah. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan case studies (studi kasus). Informan penelitiannya adalah sejumlah pegawai BSI KCP Ratulangi Kota Palopo dengan menggunakan teknik pengumpulan data lewat observasi dan wawancara langsung
yang didokumentasikan. Penelitian ini membuktikan bahwa juga telah diterapkan oleh BSI KCP Ratulangi Kota Palopo terhadap pelayanan nasabah mereka. Meski demikian, tidak sedikit pula nasabah yang masih bertransaksi manual dikarenakan minimnya wawasan mereka mengenai teknologi dan kurangnya sosialisasi yang bersifat membujuk dari pihak bank untuk memanfaatkan teknologi digital fintech tersebut.

Kata Kunci : Fintech, Pelayanan Nasabah, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.04 Manajemen Organisasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 31 Oct 2025 06:28
Last Modified: 31 Oct 2025 06:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11788

Actions (login required)

View Item
View Item