Nurfadillah, Nurfadillah (2025) IMPLEMENTASI DIGITALISASI DALAM PELAYANAN PEMBUKAAN REKENING ONLINE NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
SKRIPSI NUFADILLAH FIKS.pdf
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Digitalisasi dalam Pelayanan Pembukaan Rekening Online Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembukaan rekening online di
kota palopo; untuk mengetahui implementasi pembukaan rekening online oleh nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Palopo; untuk mengetahui apa hambatan dan keuntungan bank syariah pada nasabah terkait implementasi pembukaan
rekening online nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah costumer service (CS) dan nasabah Bank syariah indonesia KCP Ratulangi Palopo. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul selanjutnya disusun menggunakan analisis kualitatif
yang bersifat mendeskripsikan data sehingga dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab permasalahan ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, prosedur pembukaan rekening online di Bank Syariah Indonesia di Kota
Palopo yaitu dalam proses pembukaan rekening online BSI melalui website atau formulir online yang disediakan BSI. Kedua, untuk mengetahui implementasi pembukaan rekening online oleh nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Palopo yaitu nasabah merasa puas dengan kemudahan, keamanan, dan efesiensi dalam proses pembukaan rekening online dan adapun data nasabah yang membuka rekening online dari bulan januari sampai agustus tahun 2025 adalah 2.295 nasabah. Ketiga, untuk mengetahui apa hambatan dan keuntungan Bank Syariah pada
nasabah terkait implementasi pembukaan rekening online nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Palopo yaitu beberapa hambatan seperti sinyal yang tidak mendukung, ruang penyimpanan hp yang penuh, nasabah yang tidak memahami tatacara pembukaan rekening online kemudian mengenai keuntungan dalam pembukaan rekening online yaitu, meningkatkan pengalaman pelanggan.
Kata Kunci: Pembukaan Rekening Online, Pelayanan, Digitalisasi
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 302.14 Partisipasi Sosial |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 06:37 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 06:37 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11808 |
