Indafadila, Indafadila (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA ADVERTISING DAN FEAR OF MISSING OUT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN DIGITAL ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA GENERASI Z DI KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Indafadila] Text (Skripsi Indafadila)
SKRIPSI INDAFADILA 2104030015 FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh Social Media Advertising dan Fear of Missing Out terhadap Perilaku Kosumtif dengan Digital Engagement sebagai variabel mediasi pada Generasi Z di kota Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Kota Palopo berjumlah 51.822 yang kemudian dihitung menggunakan rumus slovin sehingga menghasilkan sampel sebanyak 98
responden. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan model regresi berganda dan analisis jalur. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar angket/kuesioner ke responden sebanyak 121 orang, dimana teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria merupakan Generasi Z di Kota Palopo yang mengunakan Media Sosial. Analisis data menggunakan bantuan Software IBM SPSS 20. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis dan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis, diketahui pengaruh positif dan signifikansi Social Media Advertising terhadap Perilaku Konsumtif dikarenakan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan diketahui pengaruh positif dan
signifikansi Fear of Missing Out terhadap Perilaku Konsumtif dikarenakan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Pada uji Sobel Social Media Advertising terhadap Perilaku Konsumtif melalui Digital Engagement sebesar 6,598 > 2,358 Digital
Engagement mampu memediasi. Pada uji Sobel Fear of Missing Out terhadap Perilaku Konsumtif melalui Digital Engagement sebesar 6,097 > 2,358 Digital Engagement mampu memediasi. Selain itu juga pada koefisien determinan dimana nilai R square sebesar 0,581 setara dengan 58,1% sehingga dapat disimpulkan bahwa Social Media Advertising dan Fear of Missing Out mempengaruhi Perilaku Konsumtif sebesar 58,1% sisanya 41,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Social Meldia Advelrtising, Fealr of Missing Oult, Digital ELngagelmelnt dan Perilaku Konsumtif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 04 Nov 2025 00:43
Last Modified: 04 Nov 2025 00:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11815

Actions (login required)

View Item
View Item