Dwi Putra, Gugun (2025) PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN WARUNG PAK HAMID PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
19 0403 0056 Gugun Dwi Putra.pdf
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan digital marketing dalam meningkatkan pendapatan Warung Pak Hamid Palopo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan digital marketing dalam meningkatkan pendapatan Warung Pak Hamid, serta apa saja faktor penghambat penggunaan digital marketing oleh warung tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga membandingkan pendapatan pendapatan sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi media sosial, serta efektiftivitas antara penggunaan WhatsApp dan Instagram dan juga apa hambatan yang di alami dalam penggunaanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penggunaan yang di terapkan pak Hamid ya itu dengan memanfaatkan 2 media utama, WhatsApp dan Instagram. Di mana dapat di katakan bahwa WhatsApp lebih efektif di bandingkan dengan Instagram itu bisa dilihat dari perbandingan pendapatan yang di peroleh dari kedua aplikasi media sosial tersebut. Tentunya pendapatan WhatsApp lebih tinggi dari pada pendapatan Instagram. hambatan utama dalam pemanfaatan media digital di warung pak Hamid kurangnya pemahaman terhadap fitur aplikasi, keterbatasan dalam pengelolaan konten Karena tidak adanya pembagian tugas yang jelas, serta faktor usia yang menyulitkan adaptasi teknologi.
Kata Kunci, Digital Marketing, Pendapatan, UMKM
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.27 Manajemen Perlengkapan, Manajemen Peralatan |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 01:52 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 01:52 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11821 |
