Istiqama, Istiqama (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN HOME INDUSTRY DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (STUDI KASUS TOKO HESTY KUE KOTA PALOPO). Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Istiqama] Text (Skripsi Istiqama)
SKRIPSI ISTIQAMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan home industry Hestu Kue dalam meningkatkan pendapatan usahanya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik observasi dan wawancara, dimana informan yang diwawancarai sebanyak 3 orang dengan menggunakan teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh usaha Hesty kue berpengaruh positif terhadap pendapatan usaha karana mampu meningkatkan pendapatan meskipun belum
maksimal, adapun strategi yang terapkan oleh Hesty kue yaitu dalam pengembangan produk: Membuat produk baru dan mengembangkan variasi mutu produk lama, dalam penetapan harganya: Menentukan HPP (Harga Pokok Produksi) dan menyesuaikan harga pasar, untuk saluran distrubusi:
Lokasi yang strategis, Kualitas pelayan yang baik dan yang terakhir untuk promosi penjualan: Mengembangkan strategi promosi dan membantu hubungan publik. Strategi tersebut dilakukan oleh Hesty kue demi mengembangkan usahanya dan meningkatkan pendapatanya. Adapun tantangan yang dihadapi usaha Hesty kue dalam pengembangan usahanya
yaitu: Keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan informasi dan Tekanan eksternal (Pesaing).

Kata Kunci : Home Industry, Pendapatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.04 Manajemen Organisasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 05 Nov 2025 02:26
Last Modified: 05 Nov 2025 02:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item
View Item