Padati, Indahsari (2025) ANALISIS PENERAPAN PENILAIAN SIKAP BERBASIS TEKNIK JURNAL HARIAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 54 LANIPA KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Indahsari Padati] Text (Skripsi Indahsari Padati)
18 0205 0060 INDAHSARI PADATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Penilaian Sikap Berbasis Teknik Jurnal Harian pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 54 Lanipa Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan
penilaian sikap berbasis teknik jurnal harian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 54 Lanipa; dan (2) Mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam
menerapkan penilaian sikap berbasis teknik jurnal harian pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggambarkan bahwa guru telah menerapkan penilaian sikap dengan mencatat
perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung melalui jurnal harian. Penilaian dilakukan secara kontekstual dan menyatu dengan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia seperti membaca, menulis, menyimak, dan berdiskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun guru telah menerapkan teknik jurnal harian dengan konsisten, terdapat sejumlah kendala seperti keterbatasan waktu,
pencatatan manual yang menyulitkan pengarsipan, serta belum optimalnya pemanfaatan teknologi. Kendala tersebut mempengaruhi efektivitas dan keberlanjutan dalam pencatatan perkembangan sikap siswa secara menyeluruh.

Kata kunci: Penilaian sikap, Teknik Jurnal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 300.285 Analisa Data di Bidang Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 05 Nov 2025 06:25
Last Modified: 05 Nov 2025 06:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item
View Item