Fadilah, Sitti (2025) DESKRIPTIF HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS IV DI MI DATOK SULAIMAN PUTRA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi St.Fadilah] Text (Skripsi St.Fadilah)
St. Fadilah Skripsi 1802050025(2).pdf

Download (6MB)

Abstract

Model Contextual Teaching and Learning salah satu model pembelajaran yang dapat membantu guru mengggunakan bahan ajar. Masalah dengan penelitian ini bukan hanya tentang variasi dalam model pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga antusiasme dan motivasi siswa sangat kurang dalam berpartisispasi dalam pembelajaran, ini tentu mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa salah satu siswa kelas IV MI Datok Sulaiman Putra Palopo melalui model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning khusunya pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang.Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Data penelitian diperoleh melalui instrumen penelitian dalam bentuk lembar observasi siswa beserta tes. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa aktivitas siswa saat di implementasikan CTL adalah memperoleh nilai persentase 79% dengan kategori Aktif. Sedangkan hasil belajar matematika pada model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pertemuan 1 mendapat nilai rata-rata 58 dengan persentase ketuntasan 35% dan pada pertemuan 2 mempengaruhi dengan nilai rata-rata ada 80 dengan persentase ketuntasan 92 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa deskripif hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Leraning (CTL) dalam mata pelajaran matematika dapat mempengaruhi hasil belajar matematika
siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning(CTL), Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 06 Nov 2025 00:30
Last Modified: 06 Nov 2025 00:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item
View Item