Nuriah, Nuriah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI GLOBALISASI SISWA KELAS IV SDN 2 PINCEPPUTE KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
NURIAH 1802050006.pdf
Download (3MB)
Abstract
Model pembelajaran adalah model pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar PKN siswa. Adapun permasalahan dalam
penelitian ini ialah tidak adanya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga antusias serta motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sangat kurang. Hal ini tentu akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari adanya penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada materi globalisasi melalui penerapan model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di kelas IV SDN 02 Pincepute. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini ialah guru dan siswa kelas kelas IV SDN 02 Pincepute. Jumlah siswa sebanyak 21 orang, masing-masing terdiri dari 13 orang
siswa perempuan dan 8 orang laki-laki. Data penelitian diperoleh melalui
instrumen penelitian dalam bentuk lembar observasi siswa dan guru serta lembar tes hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui Pada siklus I, persentase aktivitas guru sebesar 73% dengan kategori cukup baik, meningkat menjadi 95% pada siklus II dengan kategori sangat baik selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I, mencapai persentase 60% dengan kategori cukup baik, meningkat menjadi 95% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Sedangkan Hasil belajar siswa pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (40%) sedangkan 12 siswa lainnya (60%) belum tuntas. Setelah
perbaikan pembelajaran pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 18 siswa (90%), dengan hanya 2 siswa (10%) yang belum tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT terbukti dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi Globalisasi di kelas IV SDN 02 Pinceppute secara
signifikan.
Kata kunci: Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT), Hasil belajar, PKN
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 01:11 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 01:11 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11854 |
