Norasikin, Norasikin (2025) IMPROVING VOCABULARY MASTERY THROUGH HELLO ENGLISH APPLICATION AT THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMPN 3 BUA PONRANG. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Norasikin] Text (Skripsi Norasikin)
2102020030 Norasikin.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya Inggris di kalangan siswa kelas VII SMPN 3 Bua Ponrang. Banyak siswa
mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan kosakata dasar bahasa Inggris, yang berdampak pada kemampuan mereka dalam berkomunikasi secara efektif di kelas. Rendahnya minat belajar dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik menjadi faktor utama permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan aplikasi Hello English dalam
meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Metode yang digunakan adalah preeksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan selama 30 hari di SMPN 3 Bua Ponrang. Populasi terdiri atas 176 siswa kelas VII,
dan sebanyak 30 siswa dipilih sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui tes awal (pretest) untuk mengukur penguasaan kosakata sebelum perlakuan, kemudian diberikan perlakuan menggunakan aplikasi Hello English, dan diakhiri dengan tes akhir (posttest) untuk mengukur peningkatan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata, dengan skor rata-rata meningkat dari 66,87 pada tes awal menjadi 84,30 pada tes akhir. Berdasarkan uji statistik, nilai t-hitung sebesar 6,909 lebih tinggi dibandingkan dengan t-tabel sebesar 2,045 pada taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = 29. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Hello English memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penguasaan kosakata siswa kelas VII di SMPN 3 Bua Ponrang.

Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris, Aplikasi Hello English, Penguasaan Kosakata

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:23
Last Modified: 07 Nov 2025 01:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11874

Actions (login required)

View Item
View Item