Rahmadani, Andi (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLREDU BERBASIS WEBMATERI BINATANG HALAL DAN HARAMPADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS VI MI DDI 1 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
2102010084 PTK ANDI RAHMADANI ACC.pdf
Download (1MB)
Abstract
Proses pembelajaran fiqih khususnya pada materi binatang halal dan haram di VI MI DDI 1 Palopo masih menghadapi permasalahan rendahnya minat belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan
belajar, media pengajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang menarik perhatian. Penelitian bertujuan, untuk mengetahui peningkatan minat belajar
siswa terkait materi binatang halal dan haram pada mata pelajaran fiqih setelah penerapan media pembelajaran assemblr EDU berbasis web. Jenis penelitian
yang digunakan adalah Penelitan Tindak Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari Planning, Acting, Observing dan Reflecting. Objek penelitian adalah VI MI DDI 1 Palopo yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 13 Laki-laki dan 11 perempuan. Data diperoleh melalui lembar observasi guru dan siswa, serta minat belajar. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitaf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus I sebesar 70,8% (kategori “cukup”) meningkat menjadi 95,8% pada siklus II (kategori “sangat baik”) dengan selisih 25%, keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada siklus I sebesar 62,45% (kategori “cukup”) meningkat menjadi 95,8% pada siklus II (kategori “sangat aktif”) dengan selisih 33,35%, dan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 66,10% (kategori “cukup kuat”) meningkat menjadi 94,3% pada siklus II (kategori “sangat kuat”) dengan selisih 28,2%, sehingga tindakan yang dilakukan efektif dalam meningkatkan keterlaksanaan
pembelajaran dan minat belajar siswa. Diharapkan dapat terus memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif seperti Assemblr EDU untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa, serta melakukan evaluasi secara berkala agar proses pembelajaran tetap optimal dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
Kata kunci : Assemblr EDU berbasis Web, Fiqih, Minat Belajar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 02:20 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 02:20 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11876 |
