Annisa, Annisa (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF T I P E N U M B E R E D H E A D S T O G E T H E R D A L A M MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS II SD DDI 2 KOTA PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Annisa] Text (Skripsi Annisa)
2102010096 ANNISA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas II SD DDI 2 Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui aktivitas peserta didik ketika model penerapan model kooperatif tipe numbered heads together diterapkan; untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran penerapan model kooperatif tipe
numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang
digunakan adalah Jenis Penelitan Tindak Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc taggart yang terdiri dari Planning, acting, observing dan Reflecting. Objek penelitian ini adalah peserta didik SD DDI II Kota Palopo yang berjumlah 26 peserta didik, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 13 perempuan. Data diperoleh
melalui lembar observasi pendidik dan peserta didik, serta tes hasil belajar.
Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, serta hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari pretest dan posttest yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada lembar observasi pendidik pada siklus I menunjukan ketuntasan mencapai rata-rata keterlaksanaan 86%, sedangkan siklus II mencapai 92%. Sedangkan pada lembar observasi peserta didik pada siklus I mencapai keterlaksanaan 65%, pada siklus II mencapai rata rata keterlaksanaan sebesar 82%. Kemudian pada hasil belajar pretest mendapat 38,5% dengan kriteria “sangat rendah”. Pada siklus I hasil posttest mendapat ketuntasan 61,5% dengan kriteria “sedang”. Kemudian Pada
siklus II hasil posttest peserta didik mendapat nilai ketuntasan dengan mencapai 100%, terdiri dari kategori “sangat tinggi” 65,38% dan “tinggi” 34,62%.

Kata Kunci: Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 07 Nov 2025 06:43
Last Modified: 07 Nov 2025 06:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11882

Actions (login required)

View Item
View Item