Afriani, Afriani (2025) P E N G E M B A N G A N M E D I A P E M B E L A J A R A N B E R B A S I S AUTOPLAY PADA MATERI TATA CARA SHOLAT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 8 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Afriani] Text (Skripsi Afriani)
Skripsi Afriani..pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran berbasis Autoplay pada materi tata cara sholat dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 8 Palopo
tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif
dan kualitatif. Hasil penelitian melalui proses pengembangan yang menunjukkan bahwa media pembelajaran Autoplay dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian ahli media (94%) dan ahli materi (90%). Uji praktikalitas oleh guru mata
pelajaran menunjukkan tingkat kepraktisan sangat praktis (95%), sedangkan hasil uji efektivitas melalui perbandingan pretest dan posttest peserta didik menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 81%, yang masuk kategori efektif.
Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Autoplay layak digunakan sebagai inovasi pembelajaran PAI untuk meningkatkan pemahaman hasil belajar peserta didik pada materi tata cara sholat.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Autoplay, Tata Cara Sholat, Pendidikan
Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 07 Nov 2025 06:50
Last Modified: 07 Nov 2025 06:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item
View Item