Mutmainnah, Mutmainnah (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 258 SINONGKO KABUPATEN LUWU TIMUR. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Mutmainnah] Text (Skripsi Mutmainnah)
SKRIPSI MUTMAINNAH S.Pd LENGKAP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 258 Sinongko, Kabupaten Luwu Timur dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE)
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 258 Sinongko, Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alur penelitian tindakan kelas yang digunakan ialah Model Kemmis Dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas belajar peserta didik, dan tes essay. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas peserta didik, dan tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru melalui pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE)
pada siklus I mendapatkan persentase rata-rata 73,80% dengan kategori baik; siklus II meningkat menjadi 95,24% dengan kategori saagat baik; dan aktivitas belajar
peserta didik pada siklus I mendapatkan persentase 62% dengan kategori aktif; siklus II meningkat menjadi 82% dengan kategori sangat aktif. Adapun peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 65% sedangkan pada siklus II
menjadi 85%. Terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan di atas 75%, keterlaksanaan aktivitas guru berada pada kategori
sangat baik dan aktivitas peserta didik berada pada kategori sangat aktif. Dengan demikian, model ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 10 Nov 2025 00:51
Last Modified: 10 Nov 2025 00:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item
View Item