Fachry, Muh.Sidik Algi (2025) ANALISIS METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD ISLAM TERPADU AL BINA TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
20 0201 0096 MUH. SIDIK ALGI FAHRY.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan metode Wafa dalam pembelajaran Al-Qur’an pada peserta didik SD Islam Terpadu Al-Bina Tomoni, Kabupaten Luwu Timur. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan metode Wafa oleh guru, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data
yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menekankan pada interpretasi hasil temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis metode Wafa di SD Islam Terpadu Al-Bina Tomoni dilaksanakan secara terstruktur dan berkesinambungan. Guru-guru telah mengikuti pelatihan khusus metode Wafa dan menerapkannya dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung dalam Analisis
metode ini Adalah terpenuhinya fasilitas dalam pembelajaran, ketersediaan bahan pembelajaran yang menarik dan guru yang telah tersertifikasi pelatihan dari metode Wafa. Sementara itu, hambatan yang dihadapi antara lain perbedaan kemampuan awal peserta didik dan keterbatasan waktu belajar. Secara keseluruhan, metode Wafa terbukti efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Islam Terpadu Al-Bina
Tomoni.
Kata Kunci: Metode Wafa, Bacaan Al-Qur’an, Peserta Didik, SD Islam Terpadu Al Bina Tomoni
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 05:48 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 05:48 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11894 |
