Asdar, Asdar PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN PAIKEM DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 4 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi  Asdar] Text (Skripsi Asdar)
ASDAR_SKRIPSI_FIKS_(8)..pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI Merdeka 4 di SMA Negeri 4 Palopo melalui pendekatan PAIKEM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan langsung dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI Merdeka 4 di SMA Negeri 4 Palopo. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari
empat tahap pada tiap siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Merdeka 4 di SMA
Negeri Palopo tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 19 orang peserta didik yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi peserta didik, lebar kerja peserta didik, dan soal tes. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran pendekatan PAIKEM pada materi Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam pada siklus I mendapat nilai ratarata 64 dengan persentase (79,50%) termasuk kategori cukup, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 74 dengan persentase (92,5%) kategori sangat
baik; (2) aktivitas peserta didik melalui pendekatan PAIKEM pada materi Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam pada siklus I mendapat nilai rata-rata 31,5 dengan persentase (78,5%) kategori cukup, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 39 dengan persentase (97,5%) kategori sangat aktif; dan (3) tes kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui pendekatan PAIKEM pada materi Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam pada siklus I mendapat nilai rata-rata 61 dengan persentase (47,4%) kategori kurang, pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 76 dengan persentase (78,9%) kategori cukup.

Kata Kunci: Berpikir Kreatif, PAIKEM, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 10 Nov 2025 06:51
Last Modified: 10 Nov 2025 06:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11899

Actions (login required)

View Item
View Item