Nurfadella, Nurfadella (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN SDM GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH RANTEBELU. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurfadella] Text (Skripsi Nurfadella)
SKRIPSI_Nurfadella_1[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi pengembangan SDM guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Rantebelu. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui dan mendeskripsikan mutu pendidikan serta strategi
pengembangan SDM guru di Madrasah Aliyah Rantebelu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) MA Rantebelu memiliki komitmen kuat dalam meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Sekolah ini telah memenuhi banyak indikator penting, mulai dari standar lulusan, isi, proses, pendidik, sarana, pengelolaan, pembiayaan hingga penilaian. Meskipun masih
terdapat tantangan, seperti dalam penguatan sarana laboratorium dan variasi metode pengajaran, upaya-upaya perbaikan terus dilakukan secara sistematis. (2) Strategi
pengembangan SDM guru di MA Rantebelu menunjukkan adanya komitmen kuat dalam menciptakan guru yang profesional, kompeten, dan siap menghadapi tantangan pendidikan modern. Melalui perencanaan berbasis kebutuhan nyata, penyusunan program yang komprehensif, implementasi yang aplikatif, serta evaluasi berkelanjutan, proses peningkatan kapasitas guru menjadi bagian penting dari budaya mutu madrasah.

Kata Kunci: Strategi Pengembangan SDM, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:12
Last Modified: 11 Nov 2025 07:12
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11905

Actions (login required)

View Item
View Item