Rasman, Nurlinda (2025) TANTANGAN GURU DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 LUWU TIMUR. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Nurlinda Rasman] Text (Skripsi Nurlinda Rasman)
SKRIPSI NURLINDA RASMAN_3.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang tantangan guru dalam pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan guru dalam pemanfaatan teknologi digital dalam perencanaan pembelajaran. Tantangan guru dalam pemanfaatan teknologi digital dalam pelaksanaan pembelajaran dan tantangan guru dalam
pemanfaatan teknologi digital dalam evaluasi pembelajaran. Jenis Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan empiris, teknik pengumpulan data
yang di guanakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verifikasi data (menarik kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) tantangan guru dalam pemanfaatan teknologi digital dalam perencanaan pembelajaran adalah guru menghadapi kendala dalam menguasai keterampilan digital dan literasi teknologi yang memadai untuk merancang
pembelajaran berbasis teknologi secara efektif. Banyak guru hanya mampu menggunakan teknologi pada tingkat dasar seperti menyusun materi di powerpoint atau memutar video tanpa mengoptimalkan fitur interaktif dan kolaboratif dalam perencanaan pembelajaran. Keterbatasan pelatihan dan adaptasi teknologi juga menjadi hambatan dalam menciptakan rancangan pembelajaran yang integratif dan menarik bagi siswa; (2) tantangan guru dalam pemanfaatan
teknologi digital dalam pelaksanaan pembelajaran adalah kesenjangan akses teknologi yang menyebabkan tidak semua siswa dapat mengikuti pembelajaran daring dengan lancar. Gangguan teknis, kurangnya pengelolaan kelas daring
seperti di zoom dan google classroom, serta distraksi siswa dari penggunaan teknologi juga menjadi isu utama. Selain itu, kurangnya pengalaman guru dalam memanfaatkan multimedia interaktif dan animasi dalam pembelajaran membuat proses mengajar kurang optimal dan tidak maksimal dalam membangkitkan minat siswa; (3) tantangan guru dalam pemanfaatan teknologi digital dalam evaluasi
pembelajaran adalah kesenjangan akses internet dan perangkat, yang berpotensi menciptakan ketidakadilan dalam penilaian. Selain itu, rendahnya literasi digital guru dalam menggunakan fitur evaluasi digital seperti google classroom atau platform e-learning lainnya, memengaruhi kualitas dan akurasi penilaian.

Kata Kunci: Tantangan, Teknologi Digital, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 12 Nov 2025 00:45
Last Modified: 12 Nov 2025 00:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11907

Actions (login required)

View Item
View Item