Pirol, Abdul and Alimuddin, Alimuddin (2025) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 PALOPO. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Asriadi] Text (Skripsi Asriadi)
SKRIPSI ASRIADII mpi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan bagaimana manajemen pendidikan karakter diterapkan dalam meningkatkan budaya sekolah di SMP Negeri 3 Palopo. Fokus utama penelitian ini adalah pada tiga aspek manajemen pendidikan karakter yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta bagaimana ketiga aspek tersebut memengaruhi budaya sekolah yang mencerminkan nilai-nilai kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama, dan toleransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, serta peserta didik SMP Negeri 3 Palopo. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Palopo dilaksanakan secara terstruktur dan konsisten. Perencanaan dilakukan melalui penyusunan program berdasarkan data objektif seperti rapor
pendidikan dan program sekolah. Pelaksanaan diwujudkan melalui berbagai kegiatan pembiasaan seperti salat berjamaah, sedekah Jumat, menjaga kebersihan lingkungan, dan keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti PMR, pramuka, dan OSIS. Evaluasi dilakukan melalui pengamatan perilaku siswa, laporan guru BK, dan wali kelas, evaluasi menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pendidikan karakter yang terencana dan dilaksanakan dengan baik mampu
meningkatkan budaya sekolah yang positif dan berkarakter.

Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 12 Nov 2025 00:58
Last Modified: 12 Nov 2025 00:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11908

Actions (login required)

View Item
View Item