Indah Lestari, Indah (2025) ANALISIS KONSEPTUAL SKILL MELALUI MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI TEST) (Studi Kepala Sekolah SDN 360 Pintoe di Kecamatan Bajo). Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Indah Lestari] Text (Skripsi Indah Lestari)
21 0206 0061 indah lestari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang keterampilan konseptual (conceptual skill) kepala sekolah di SDN 360 Pintoe Kecamatan Bajo berdasarkan tipe kepribadian MyersBriggs Type Indicator (MBTI). Penelitian ini bertujuan: 1) menggambarkan profil
keterampilan konseptual kepala sekolah SDN 360 Pintoe di Kecamatan Bajo berdasarkan tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) ditinjau dari dimensi Extraversion-Introversion, Sensing-Intuition, Thinking-Feeling, dan
Judging-Perceiving; 2) menggambarkan implementasi keterampilan konseptual (conceptual skill) kepala sekolah SDN 360 Pintoe di Kecamatan Bajo dalam pengembangan visi sekolah, pemecahan masalah, dan adaptasi terhadap kebijakan pendidikan nasional. Jenis penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif, lokasi penelitian bertempat di SD 360 Pintoe di Kecamatan Bajo. Instrument penelitian
ini menggunakan pedoman wawancara, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, analisis dokumen, focus grub discussion, Tes Myers-Briggs Type Indicator dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, keabsahan data, dan gambar alur analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dengan tipe kepribadian INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging) memiliki kecenderungan kuat dalam mengembangkan keterampilan konseptual yang bersifat strategis dan adaptif. Kepala sekolah dengan tipe INTJ memperlihatkan karakteristik yang analitis dan sistematis dalam menyusun visi jangka panjang serta merancang kebijakan sekolah secara terstruktur berdasarkan hasil Tes Myers-Briggs Type Indicator.
Mereka cenderung fokus pada efisiensi organisasi dan memiliki keteguhan dalam melaksanakan rencana-rencana strategis.

Kata Kunci: Keterampilan Konseptual, Kepala Sekolah, Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), Tipe Kepribadian, Kepemimpinan Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 12 Nov 2025 03:47
Last Modified: 12 Nov 2025 03:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11910

Actions (login required)

View Item
View Item