Wahyuni, Wahyuni (2025) ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI MTS AS’ADIYAH MALILI. Diploma thesis, Universitas Islam Negri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Wahyuni] Text (Skripsi Wahyuni)
Skripsi Wahyuni MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan saranan dan prasarana di MTS As’adiyah Malili. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui peran kepala sekolah di Mts As’adiyah Malili; untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana di MTS As’adiyah Malili; dan untuk mengetahui kepada kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di MTS As’adiyah Malili. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah aspek penting dari peran kepala sekolah adalah dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Kepala sekolah berkomitmen untuk memastikan bahwa semua fasilitas, seperti ruang kelas, evaluasi berkala, kepala sekolah dapat mengidentifikasi kebutuhan perbaikan dan pengembangan fasilitas, sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan optimal. Melalui pengecekan rutin, kepala sekolah dan timnya dapat mengidentifikasi fasilitas yang memerlukan perbaikan atau pengembangan. Pengelolaan sarana dan prasarana di MTS As'adiyah Malili menunjukkan komitmen kepala sekolah dan wakil kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas. Melalui evaluasi berkala, dan mencapai tujuan pengelolaan yang diinginkan.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pengelolaan Sarana dan Prasarana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dahniar Abdullah
Date Deposited: 12 Nov 2025 07:58
Last Modified: 12 Nov 2025 07:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11917

Actions (login required)

View Item
View Item