Rismayani, Rismayani (2025) KONSTRUK INSTRUMEN PENILAIAN EFIKASI DIRI GURU DI MADRASAH ALIYAH SAMPANO. Masters thesis, Universitas Islam Negri Palopo.
TESIS RISMA.pdf
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan penilaian efikasi diri guru di Madrasah Aliyah Sampano; (2) mengembangkan instrumen penilaian efikasi diri guru; dan (3) menguji validitas instrumen tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan Gable yang mencakup tahap perumusan tujuan, pengembangan desain awal, serta
uji coba dan revisi instrumen. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen. Validitas instrumen diuji melalui validasi ahli bidang manajemen pendidikan dan bahasa, serta analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 71% guru merasa kepercayaan dirinya perlu ditingkatkan, khususnya dalam menghadapi tantangan pembelajaran seperti
keterbatasan sumber daya dan adaptasi terhadap perubahan kurikulum. Sebanyak 67% guru menyatakan bahwa pelatihan yang mereka ikuti belum cukup intensif, sementara 76% menginginkan instrumen yang praktis dan relevan untuk evaluasi diri. Instrumen yang dikembangkan memuat 51 item pernyataan yang mencakup sebelas dimensi utama: pengalaman keberhasilan, pengalaman vikarius, kondisi
verbal, kondisi fisiologis dan emosional, efikasi strategi innstruksional, efikasi pengelolaan kelas, efikasi keterlibatan siswa, keyakinan terhadap kemampuan pribadi, pengaturan usaha dan strategi, respon terhadap kesulitan dan daya tahan.
Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item memiliki korelasi signifikan (r > 0,30) terhadap skor total, dengan indeks validitas isi mencapai 0,89 dan reliabilitas Cronbach Alpha sebesar 0,91, yang menunjukkan bahwa instrumen
tersebut sangat valid dan reliabel. Instrumen ini terbukti mudah digunakan, relevan dengan konteks madrasah, serta memberikan informasi yang akurat untuk merancang strategi peningkatan kompetensi profesional guru. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan instrumen efikasi diri yang valid dapat menjadi landasan penting dalam peningkatan kualitas pengajaran, pengambilan kebijakan berbasis data, dan kesejahteraan guru secara berkelanjutan.
Kata Kunci: Efikasi Diri Guru, Instrumen Penilaian, Kompetensi Profesional, Madrasah, Pengembangan Instrumen
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Dahniar Abdullah |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:49 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:49 |
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/11935 |
