UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SANTRI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUTATHOHHIRIN KECAMATAN BARA KOTA PALOPO

SANIA, NURAZISAH (2020) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SANTRI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUTATHOHHIRIN KECAMATAN BARA KOTA PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of NURAZISAH SANIA.pdf] Text
NURAZISAH SANIA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurazisah Sania, 2022. “Upaya Peningkatan Kualitas Santri Dalam Membaca
Al-Qur‟an Di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Mutathohhirrin
Kecamatan Bara Kota Palopo.” Skripsi Program Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh; Dr. Hj. Fauziah Zainuddin M.Ag dan
Makmur S.Pd.I., M.Pd.I.
Permasalahan yang ada di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPA) Al�Mutathahirrin kecamatan Bara kota Palopo adalah masih ada beberapa santri yang
masih kurang kualitasnya ketika membaca al-Qur‟an baik dari segi makhraj huruf
maupun panjang pendeknya.Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui upaya
yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas santri dalam membaca al�Qur‟an di taman pendidikan al-Qur‟an Al-Mutathahhirin. 2) Untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kualitas santri
dalam membaca al-Qur‟an santri di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al�Mutathahhirin. 3) Untuk mengetahui solusi apa yang ditempuh guru untuk
mengatasi hambatan dalam meningkatkan kualitas santri dalam membaca al�Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an (TPA) Al-Mutathohhirin.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reserch) karena
data yang diperoleh berdasarkan pada fakta yang ada di lapangan. Jenis data yang
digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara, Sebagai
penunjang dimanfaatkan data sekunder yang diperoleh berupa informasi dan data
laporan, referensi serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan
yang diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa 1) upaya untuk
mengelompokan para santri dalam beberapa kelompok untuk mengindentifikasi
tingkat kemampuan santri. Juga dilakukan penanganan khusus untuk menjaga
prestasi anak-anak dengan membuatkan buku prestasi siswa. dalam proses
pembelajaran guru tidak lupa untuk selalu memberikan santri motivasi, nasehat
serta guru senantiasa menciptakan suasana yang menyenangkan seperti belajar
sambil memberikan games, bercerita, mewarnai dan menggambar. 2) Faktor
pendukung: Faktor pendukung yaitu adanya dukungan dari orang tua dalam
membantu guru mendidik dan mengawasi santri di rumah, kesadaran para santri
untuk mau belajar, sarana dan prasarana yang memadai untuk digunakan guru
pada saat proses pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya perhatian
santri para saat proses pembelajaran, tingkat kemampuan santri yang berbeda�beda, hambatan guru, serta kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua santri.
3) Solusinya yaitu menghadapi santri dengan kelembutan agar mereka tidak mersa
tertekan saat diajar, menegaskan aturan-aturan atau tata tertib untuk santri yang
sudah disepakat oleh para guru, serta memberikan reward (hadiah) kepada santri
yang patuh dan mematuhi segala sesuatu yang diberi tahu guru dikelas.
Kata kunci: Upaya Peningkatan, Kualitas Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 19 May 2021 01:09
Last Modified: 05 Jun 2023 08:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3111

Actions (login required)

View Item View Item