PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MELALUI APLIKASI CANVA PADA MATERI MEYAKINI ADANYA HARI AKHIR DI SMA NEGERI 4 PALOPO

AZIZAH, NUR (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MELALUI APLIKASI CANVA PADA MATERI MEYAKINI ADANYA HARI AKHIR DI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nur Azizah, 2023. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Melalui aplikasi
Canva Pada Materi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh H. Hasbi dan Arifuddin
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, validasi, dan
praktikalitas media pembelajaran e-modul melalui aplikasi canva pada materi
meyakini adanya hari akhir di SMA Negeri 4 Palopo. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan jenis
penelitian R&D (Research and Development), dengan model pengembangan
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek
dalam penelelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 4 Palopo tahun ajaran
2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar analisis,
lembar validasi, dan lembar angket praktikalitas. Adapun teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Analisis kebutuhan
pengembangan media pembelajaran e-modul melalui aplikasi canva terhadap
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo memenuhi kriteria
sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. (2) Kevalidan media pembelajaran
e-modul melalui aplikasi canva terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMA Negeri 4 Palopo memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor 76,32% oleh
ahli media, 88,33% oleh ahli materi, dan 77,27% oleh ahli bahasa. (3) Praktikalitas
media pembelajaran e-modul melalui aplikasi canva terhadap pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo memenuhi kriteria praktis
dengan perolehan skor 97% oleh pendidik dan 93% oleh peserta didik. Dengan
demikian e-modul Pendidikan Agama Islam melalui aplikasi canva pada materi
meyakini adanya hari akhir layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan E-Modul, Pendidikan Agama Islam, Aplikasi Canva

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 150202011
Subjects: 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 420 Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:40
Last Modified: 31 Jan 2024 04:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3810

Actions (login required)

View Item View Item