FUNGSI ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG TATA CARA WUDHU PADA SDN NO. 359 WONOSARI KECAMATAN KAMANRE KABUPATEN LUWU

Aisyah, Aisyah (2011) FUNGSI ALAT PERAGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG TATA CARA WUDHU PADA SDN NO. 359 WONOSARI KECAMATAN KAMANRE KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Aisyah.pdf] Text
Aisyah.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Aisyah, 2011. Fungsi Alat Peraga dalam Meningkatkan Hasil Belajar tentang Tata
Cara Wudhu pada SDN No.359 Wonosari Kecamatan Kamanre Kabupaten
Luwu. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN
Palopo. Pembimbing (1) Drs. Hasri, M.A. (2) Dra. Adilah Mahmud, M.
Sos.I.
Kata Kunci: Alat Peraga, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Skripsi ini membahas tentang alat peraga dalam meningkatkan hasil belajar
pada SDN No. 359 Wonosari Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu, merupakan
sebuah topik yang menarik dibahas, karena masalah hasil belajar tidak lepas dari
kemampuan guru memilih dan menggunakan media pembelajaran. Adapun pokok
masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana alat peraga meningkatakan
hasil belajar pada SDN No. 359 Wonosari Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu.
Untuk memecahkan masalah tersebut, penulis mengadakan penelitian di
lapangan dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu angket, observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh melalui angket diolah
dengan metode statistik, sedang data yang diperoleh dari wawancara dianalisis secara
kualitatif kemudian diambil kesimpulan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa media pembelajaran atau alat
peraga pendidikan agama Islam di SDN No. 359 Wonosari Kecamatan Kamanre
Kabupaten Luwu masih sederhana dan jumlahnya kurang. Faktor pendukung
penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama
Islam di SDN No. 359 Wonosari Kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu, yaitu;
adanya kreativitas guru dan minat belajar siswa cukup baik. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu media pembelajaran/alat peraga yang ada khusus untuk mata
pelajaran PAI sangat sederhana, sehingga dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi tidak optimal, akibatnya
adalah perhatian siswa tidak maksimal pula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:18
Last Modified: 15 Sep 2022 02:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4723

Actions (login required)

View Item View Item