PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION NASABAH BANK MUAMALAT KOTA PALOPO

akbar, m. nur (2022) PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION NASABAH BANK MUAMALAT KOTA PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of M. NUR AKBAR SKRIPSI.PDF] Text
M. NUR AKBAR SKRIPSI.PDF

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
M. Nur Akbar, 2022. “Pengaruh Pelayanan Prima dan Etika Bisnis Islam
Terhadap Customer Retention Nasabah Bank Muamalat Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Nur Ariani Aqidah.
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pelayanan prima dan etika
bisnis Islam terhadap Customer Retention nasabah Bank Muamalat Kota
Palopo. Bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pelayanan
prima dan etika bisnis Islam terhadap customer retention. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi adalah seluruh nasabah
Bank Muamalat Kota Palopo yang berjumlah ±21.000 nasabah. Sampel
pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang ditentukan menggunakan
rumus Slovin. Teknik penentuan sampel menggunakan accidental sampling.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis
regresi linear berganda. Alat analisis yang digunakan untuk membantu
penelitian ini adalah SPSS versi 24. Dari hasil pengolahan data diketahui
bahwa secara parsial variabel pelayanan prima berpengaruh signifikan
terhadap customer retention dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 dan
nilai t-hitung > t-tabel (4,376 > 1,985), selain itu variabel etika bisnis Islam
juga berpengaruh signifikan terhadap customer retention dengan tingkat
signifikansi 0,05 ≤ 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel (1,991 > 1,985).
Sedangkan secara simultan variabel pelayanan prima dan etika bisnis Islam
berpengaruh signifikan terhadap customer retention dengan tingkat
signifikansi 0,00 < 0,05 dan nilai f-hitung > f-tabel (28,748 > 3,090).
Kemudian diketahui bahwa variabel pelayanan prima dan etika bisnis Islam
mampu memengaruhi variabel customer retention sebesar 0,638 atau 63,8%
dari jumlah total 100%, sedangkan sisanya yaitu 36,2% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan secara rinci pada penelitian ini.
Kata Kunci: Pelayanan Prima, Etika Bisnis Islam, Customer Retention

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 13 Oct 2022 00:36
Last Modified: 13 Oct 2022 00:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4740

Actions (login required)

View Item View Item