STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) DI DUSUN BARAMBING KECAMATAN SULI

Alivka, Astris Cindy (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) DI DUSUN BARAMBING KECAMATAN SULI. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of SKRIPSI CINDY TURNITIN FIX.pdf] Text
SKRIPSI CINDY TURNITIN FIX.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Cindy Astrid Alivka, 2022. “Strategi Pengembangan Industri Kecil Menengah
(IKM) di Dusun Barambing Kecamatan Suli”. Skripsi Program Ekonomi
Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Ishak.
Sektor industri merupakan salah satu sektor ekonomi yang sedang
dikembangkan di Indonesia sebagai sektor penggerak kemajuan sektor-sektor
yang lain.IKM memegang peranan penting dalam kaitannya dengan pertumbuhan
ekonomi di negara-negara kawasan Asia. Pemberdayaan IKM menjadi sangat
strategis karena potensinya yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi,
sekaligus menjadi salah satu sumber pendapatan dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa strategi
pengembangan industi kecil menengah (IKM) di Dusun Barambing Kecamatan
Suli. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif dipilih untuk mempermudah peneliti
mendeskripsikan masalah yang berkaitan dengan tema yang diangkat secara lebih
mendalam. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data dilakukan dengan
cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan
dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi IKM di
Barambing Kecamatan Suli berada pada kuadran III, pada posisi ini
menggambarkan bahwa perusahaan menghadapi peluang pasar yang besar, tetapi
dilain pihak, ia juga menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal. Agar
dapat mengembangkan usaha IKM di Kecamatan Suli, maka prioritas strateginya
adalah meningkatkan kualitas produk dengan melakukan inovasi terhadap produk,
mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam memasarkan produk, melakukan
pemeliharaan terhadap lingkungan sekitar, bermitra dengan pelaku usaha yang
lain ataupun dengan pemerintah, meningkatkan pelayanan terhadap konsumen,
dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan atau
pendampingan.
Kata Kunci: SWOT, Industri Kecil Menengah (IKM), Strategi Pengembangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:38
Last Modified: 13 Oct 2022 07:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4743

Actions (login required)

View Item View Item