WAHDANIAH, WAHDANIAH (2022) EFEKTIFITAS PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL , DAN INTELECTUAl TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTs YAMINAS LOPPE KEC.BUPON. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
Text
WAHDANIAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Wahdaniah, 2022, “Efektifitas Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Yaminas Loppe Kec. Bupon ”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan Muhammad Hajarul Aswad
Skripsi ini membahas tentang efektifitas Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, dan Intelectual terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Yaminas Loppe Kab.Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar matematika siswa kelas VII sebelum dam sesudah menggunakan pendekatan SAVI; peneliti juga bertujuan untuk mngetahui apakah pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intelectual efektif terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTs Yaminas Loppe Kab. Luwu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuatitatif dengan pendekatan Quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Yaminas Loppe, Kabupaten Luwu, Kecematan Bua Ponrang (Bupon) pada bulan Juni 2022. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Yaminas Loppe tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri atas 1 kelas yg berjumlah 14 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 14 orang siswa.
Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual dan Intelectual pada kelas VII di MTs Yaminas Loppe Kab. Luwu diperoleh hasil rata- rata (mean) sebesar 61,92 denga standar devisiasinya 20,21. 2) Hasil belajar matematika siswa sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual dan Intelectual pada kelas VII di MTs Yaminas Loppe Kab. Luwu diperoleh hasil rata- rata (mean) sebesar 83,28 dengan standar devisiasinya 6,031. 3) Pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual efektif terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII di MTs Yaminas Loppe. Dimana didapatkan bahwa nilai hasil belajar matematika siswa pada (post test) sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI lebih tinggi dibanding nilai hasil beljar matematika siswa pada (pre test) sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI.
Kata Kunci : Efektifitas , SAVI, Hasil Belajar, Materi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 08:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 08:13 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4770 |
Actions (login required)
View Item |