PENGARUH MODAL, DIGITALISASI INFORMASI, DAN KREATIVITAS TERHADAP PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI PELABUHAN TANJUNG RINGGIT KOTA PALOPO

Padli, Kalsum (2022) PENGARUH MODAL, DIGITALISASI INFORMASI, DAN KREATIVITAS TERHADAP PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI PELABUHAN TANJUNG RINGGIT KOTA PALOPO. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Kalsum, 2022. “Pengaruh Modal, Digitalisasi Informasi, dan Kreativitas
Terhadap Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo”. Skripsi Program
Studi Ekonomo Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negri Palopo. Dibimbing oleh Jibria Ratna Yasir.
Skripsi ini membahas Pengaruh Modal, Digitalisasi Informasi, dan
Kreativitas Terhadap Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota Palopo. penelitian ini bertujuan:
untuk mengetahu pengaruh modal, digitalisasii informasi, dan kreativitas secara
parsial terhadap daya saing UMKM; untuk mengetahui pengaruh modal, teknologi
informasi, dan kreativitas secara simultan terhadap daya saing UMKM. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner/angket yang disebar secara langsung kepada para pelaku usaha dengan
populasi seluru pelaku usaha yang ada di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota
Palopo. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh dimana semua populasi
dijadikan sampel yaitu sebanyak 57 sampel. Analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi berganda dengan bantuan sofeware SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal secara parsial tidak
berpengaruh terhadap daya saing usaha dengan nilai thitung -1,187 < ttabel 2,00575
dan nilai signifikansi 0,241 > 0,05; variabel digitalisasi informasi secara parsial
tidak berpengaruh terhadap daya saing usaha dengan nilai thitung 1,833 < ttabel
2,00575 dan nilai signifikansi 0,072 > 0,05; variabel kreativitas secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing usaha dengan nilai thitung
3,950 > ttabel 2,00575 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05; dan variabel modal,
digitalisasi informasi, dan kreativitas secara simultan berpengaruh secara
signifikan terhadap daya saing dengan nila Fhitung 7.330 > Ftabel 2,78 dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05, dengan nilai koefisien determinasi (R2
)sebesar 0,253.
Kata Kunci: Daya Saing, Modal, Digitalisasi Informasi, Kreativitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:03
Last Modified: 21 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4772

Actions (login required)

View Item View Item