DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 12 PALOPO

NURAINUN, NURAINUN (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 12 PALOPO. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of NURAINUN.pdf] Text
NURAINUN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurainun, 2022, “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 12 Palopo”, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhazzab Said dan Andi Muhammad Aji Goena.
Skripsi ini membahas tentang Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Palopo. Dengan rumusan masalah yaitu 1) bagaimana minat belajar seswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam selama pembelajaran daring di SMP Negeri 12 Palopo, 2) bagaimana dampak pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Palopo. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam selama pembelajaran daring di SMP Negeri 12 Palopo dan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Palopo.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Palopo, dengan mengambil sampel siswa kelas VII SMP Negeri 12 Palopo, dengan subjek penelitian yaitu guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 12 Palopo, dengan instrumen dan teknik penelitiannya yaitu agket dan wawancara dan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini mengenai dampak pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 12 Palopo yang terdiri dari dua poin yaitu: 1) minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam selama pembelajaran daring yang diukur melalui penyebaran angket kepada 35 siswa kelas VII maka diperoleh hasil bahwa berdasarkan kategori kelayakan dari aspek kedisiplinan sebesar 55%, aspek perasaan senang 55%, aspek ketertarikan 57% dan aspek keaktifan sebesar 61%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas VII rendah selama proses pembelajaran daring di SMP Negeri 12 Palopo. 2) dampak pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 12 Palopo. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan siswa kelas VII dan guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 12 Palopo. Peneliti memperoleh informasi bahwa tidak semua siswa kelas VII dapat mengukiti pembelajaran secara daring, banyak siswa yang terlambat dalam mengumpulkan tugas, siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran selama proses pembelajaran daring.
Kata kunci : Minat Belajar, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Oct 2022 00:30
Last Modified: 27 Oct 2022 00:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4779

Actions (login required)

View Item View Item