Riska, Riska (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.
SKRIPSI RISKA BUNDEL PDF.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Riska, 2022. “Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Peningkatan 
Jumlah Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu”. Skripsi 
Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 
Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Akbar 
Sabani.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap 
Peningkatan Jumlah Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu. Penelitian ini 
bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kualitas produk terhadap peningkatan 
jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu; untuk mendeskripsikan 
pegaruh pelayanan terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah 
Cabang Luwu; untuk mendeskripsikan pengaruh kualitas produk dan pelayanan 
terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu. Jenis 
penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasinya yakni Nasabah Pegadaian 
Syariah Cabang Luwu. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian 
ini adalah Accidental sampling dengan penentuan sampel menggunakan rumus 
slovin sebanyak 98 nasabah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini 
dengan melakukan pembagian koesioner/angket kepada responden. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel kualitas produk berpengaruh 
positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah 
Cabang Luwu dengan nilai thitung > ttabel artinya 4,349 > 1,985 dengan nilai 
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Variabel 
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah 
nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu dengan nilai thitung 5,142 > ttabel 
1,985 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. 3) 
Variabel kualitas produk dan pelayanan berpengaruh secara simultan dan 
signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang 
Luwu dengan nilai Fhitung sebesar 54,535 > F tabel sebesar 3,09 dan nilai sig. 0,000 
< 0,05. 4) Variabel kualitas produk dan pelayanan berkontribusi secara bersama�sama terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu 
sebesar 53,4% sedangkan sisanya tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Pelayanan, Peningkatan Jumlah Nasabah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah | 
| Depositing User: | Muh. Afandhy Amir | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2022 00:42 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2022 00:42 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4780 | 
