PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU

Riska, Riska (2022) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU. Other thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

[thumbnail of SKRIPSI RISKA BUNDEL PDF.pdf] Text
SKRIPSI RISKA BUNDEL PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Riska, 2022. “Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Peningkatan
Jumlah Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Akbar
Sabani.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap
Peningkatan Jumlah Nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kualitas produk terhadap peningkatan
jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu; untuk mendeskripsikan
pegaruh pelayanan terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah
Cabang Luwu; untuk mendeskripsikan pengaruh kualitas produk dan pelayanan
terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu. Jenis
penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasinya yakni Nasabah Pegadaian
Syariah Cabang Luwu. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini adalah Accidental sampling dengan penentuan sampel menggunakan rumus
slovin sebanyak 98 nasabah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dengan melakukan pembagian koesioner/angket kepada responden. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel kualitas produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah
Cabang Luwu dengan nilai thitung > ttabel artinya 4,349 > 1,985 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Variabel
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah
nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu dengan nilai thitung 5,142 > ttabel
1,985 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. 3)
Variabel kualitas produk dan pelayanan berpengaruh secara simultan dan
signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang
Luwu dengan nilai Fhitung sebesar 54,535 > F tabel sebesar 3,09 dan nilai sig. 0,000
< 0,05. 4) Variabel kualitas produk dan pelayanan berkontribusi secara bersama�sama terhadap peningkatan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah Cabang Luwu
sebesar 53,4% sedangkan sisanya tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Pelayanan, Peningkatan Jumlah Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2022 00:42
Last Modified: 27 Oct 2022 00:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4780

Actions (login required)

View Item View Item