CHOFIFAH INDAH, ANDI NUR (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS METODE BLENDED LEARNING DI ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS KELAS XI UPT SMA NEGERI 1 PALOPO) TAHUN AJARAN 2021. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
Text
ANDI NUR CHOFIFAH INDAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Andi Nur Chofifah Indah, 2021, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Metode Blended Learning di Era New Normal (Studi Kasus Kelas XI UPT SMA Negeri 1 Palopo) Tahun Ajaran 2021”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Baderiah, M.Ag dan makmur, S.Pd.I., M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Metode Blended Learning di Era New Normal (Studi Kasus Kelas XI UPT SMA Negeri 1 Palopo) Tahun Ajaran 2021. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis metode Blended learning di Era New Normal kelas XI UPT SMA Negeri 1 Palopo, Untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis metode Blended Learning di Era New Normal kelas XI UPT SMA Negeri 1 Palopo, Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis metode Blended learning di era New Normal kelas XI UPT SMA Negeri 1 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang di lapangan. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data mengunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis metode blended learning di Era New Normal menggunakan media pembelajaran berupa modul penyesuaian materi, atur jadwal, dan aturan tentang prokes. 2) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis metode Blended Learning antara lain: Pendidik membuat bahan ajar, menggunakan media platform. 3) Kelebihan dan kekurangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Metode Blended learning yaitu : a) Kelebihan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis metode blended learning antara lain : Pendidik dan peserta didik lebih mengetahui dan memahami teknologi bersama, Peserta didik terlatih belajar secara mandiri, Pendidik dapat bertemu dengan peserta didik, Pendidik dapat mengetahui tingkat pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik b) Kekurangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis metode blended learning antara lain : Terbatasnya waktu pembelajaran tatap muka, Kurangnya perhatian peserta didik, Terbatasnya sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Blended Learning, New Normal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 00:46 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 00:46 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4781 |
Actions (login required)
View Item |