STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN MEDIA BALON RUKUN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN MADANI PALOPO

BIN FIRMAN, RUSDI (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN MEDIA BALON RUKUN ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN MADANI PALOPO. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of RUSDI BIN FIRMAN.pdf] Text
RUSDI BIN FIRMAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Rusdi Bin Firman, 2022. “Strategi Pembelajaran dalam Penerapan Media Balon Rukun Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas VI di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Madani Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. H. Syamsu Sanusi, M.Pd.I. dan Makmur, S.Pd.I., M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pembelajaran dalam Penerapan Media Balon Rukun Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik Kelas VI di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Madani Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran dalam penerapan media balon rukun Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas VI di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Madani Palopo; 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran dalam penerapan media balon rukun Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas VI di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Madani Palopo; 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat strategi pembelajaran dalam penerapan media balon rukun Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas VI di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Madani Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran yang digunakan dalam penerapan media balon rukun Islam adalah strategi pembelajaran ekspositori dan media balon rukun Islam yang digunakan termasuk dalam jenis media visual. 2) Faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran dalam penerapan media balon rukun Islam, faktor pendukungnya yaitu adanya antusias belajar peserta didik, media pembelajaran, dan pihak sekolah telah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesiapan belajar peserta didik, suasana kelas yang kurang mendukung, keterbatasan waktu pembelajaran bagi guru. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat strategi pembelajaran dalam penerapan media balon rukun Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas VI di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Madani Palopo, yaitu: Bernyanyi, menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami peserta didik, menyediakan fasilitas yang dibutuhkan guru, serta melakukan kegiatan kelompok kerja guru (KKG) untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Media Balon Rukun Islam, SDIT Insan Madani Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Oct 2022 01:05
Last Modified: 27 Oct 2022 01:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4783

Actions (login required)

View Item View Item