PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB BERBASIS KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VI MI DATOK SULAIMAN PALOPO

ANI, ANI (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB BERBASIS KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VI MI DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of ANI.pdf] Text
ANI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
ANI, 2021.“Pengembangan Model Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Berbasis
Kooperatif Tipe Make a macht Pada Siswa Kelas VI MI Datuk
Sulaiman Palopo”, skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Skripsi ini membahas tentang kebutuhan yang diperlukan dalam pengembangan
model pembelajaran kosa kata bahasa Arab berbasis kooperatif tipe make a macht
pada siswa kelas VI MI Datok Sulaiman Palopo dan validitas model pembelajaran
kosa kata bahasa Arab berbasis Kooperatif Tipe Make a macht pada siswa kelas VI
MI Datok Sulaiman Palopo. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk memperoleh informasi
kebutuhan dalam menembangkan model pembelajaran kosa kata bahasa Arab
berbasis kooperatif tipe make a macht pada siswa kelas VI MI Datok Sulaiman
Palopo, (2) Untuk mengetahui validitas model pembelajaran kosa kata bahasa Arab
berbasis Kooperatif Tipe Make a macht pada kelas VI di MI Datok sulaiman
palopo.Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian pengembangan ADDIE
denngan pendekatan penelitian Mixed Method. Penelitian ini menggunakan metode
pengumpulan data yaitu, observasi, tes, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan untuk menyusun desain (rancangan) berupa model pembelajaran
bahasa arab materi kosakata bahasa Arab, peneliti menggunakanzmodel
pengembangan ADDIE sebagai landasan atau patokan untuk mengembangankan
xxi
materi ini yang dimana tahapan model ADDIE yaitu (1) Tahap analisis yaitu yang
berisi informasi tentang kebutuhan siswa terhadap model pembelajaran, (2) tahap
desain yang berisi tentang format, desain dan bahasa model pembelajaran, (3) tahap
development yaitu berisi informasi tentang penilaian para ahli, hasil revisi model
berdasarkan kritik dan saran dari validator sehingga memperoleh model pembelajaran
yang valid dan model pembelajaran yang dikembangkan dapat dilakukan dengan
tahap validasi hingga beberapa kali revisi. Sehingga peneliti mendapatkan hasil
kevalidan pada ahli materi yang menghasilkan nilai 85,7% dengan kategori sangat
valid, Sedangkan hali desain mendapatkan nilai 80% dengan kategori valid dan ahli
bahasa mendapatkan nilai 75% dengan kategori valid.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Kosa Kata bahasa arab di MI ,kooperatif tipe
make a match

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:34
Last Modified: 27 Oct 2022 03:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4787

Actions (login required)

View Item View Item