ETIKA KOMUNIKASI PEMASARAN DI SOSIAL MEDIA

ALFARICH, MUH. FAJAR (2021) ETIKA KOMUNIKASI PEMASARAN DI SOSIAL MEDIA. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of MUH. FAJAR ALFARICH.pdf] Text
MUH. FAJAR ALFARICH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. Fajar Alfarich, 2022,”Etika Komunikasi Pemasaran Di Sosial media”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muh. Shadri Kahar Muang.
Media sosial merupakan alat komunikasi yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktifitas sosial baik berkomunikasi ataupun membagikan tulisan, foto dan video. Perkembangan media social langsung berdampak terhadap tatanan dari perilaku manusia baik sebagai sarana sosialisasi maupun interaksi antar manusia. Media social seakan menjadi tempat menumpahkan segala aktivitas dan tidak jarang mengesampingkan beragam etika yang ada. Hal ini dilihat dari pengguna social media dalam berkomunikasi. Adapun etika baik dalam menggunakan social media yaitu tidak menggunakan kata kasar, provokatif, porno maupun SARA, tidak memposting berita atau gambar hoax dan yang paling penting sesuai dengan syari’at islam.
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman gambaran etika komunikasi pemasaran di sosial media. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif netnografi, penelitian dilakukan pada tanggal 25 januari 2022, subjek penelitian ini yaitu sosial media facebook, instagram dan tiktok, pengumpulan data dilakukan dengan obsrevasi dan dokumentasi, metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 2 etika pemasaran yaitu etika pemasaran tidak etis (negative) dan etika pemasaran etis (positif). Pada penelitian etika pemasaran yang tidak etis (negative) terdapat akun hoax, penipuan dan pornografi. Sedangkan penelitian etika pemasaran etis terdapat akun jujur, amanah dan syariah.
Kata kunci: sosial media, Etika bisnis, Komunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 174.4 Etika Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Oct 2022 08:14
Last Modified: 27 Oct 2022 08:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4795

Actions (login required)

View Item View Item