ARIANTI, POPI (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS, KCA DAN USAHA MIKRO DI PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG KOLAKA DI UPC LASUSUA TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
Text
POPI ARIANTI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
POPI ARIANTI, 2021. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas, Kca Dan Usaha Mikro Di PT Pegadaian (Persero) Cabang Kolaka Di Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah” Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Bapak Dr. Takdir, SH., MH.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pegadaian Cabang Kolaka Upc Lasusua dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah dengan menggunakan konsep strategi pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung dari perusahaan, melaui observasi, wawancara secara langsung dengan karyawan maupun nasabah dan dokumentasi pada PT Pegadaian (persero) Cabang Kolaka. Berdasarkan hasil pengumpulan data peningkatan nasabah pada Pegadaian Cabang Kolaka dapat disimpulkan bahwa proses yang dilakukan menggunakan konsep strategi pemasaran yaitu strategi produk (product), strategi harga (price), strategi tempat (place), strategi promosi (promotion), people (orang), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence). Selain itu pegadaian juga menggunakan strategi khusus yaitu. Adapun strategi Khusus yang dilakukan PT. Pegadaian (persero) Cabang Kolaka Di Upc Lasusua dalam memasarkan produknya untuk meningkatkan jumlah nasabah yaitu dengan Kerja Sama, Sosialisasi, menggunakan brosur yang menarik. Memberikan loyalitas Website,Meningkatkan jumlah nasabah melalui keunggulan setiap produk pegadaian, seperti: Prosedur pengajuan mudah dan cepat, Jangka Waktu pinjaman 1-120 hari atau maksimal 4 bulan, Tidak perlu membuka rekening bank dengan perhitungan sewa modal, Barang yang digadaikan sangat bervariasi, Barang - barang aman tersimpan. Adapun hambatan dalam memasarkan produk Pegadaian pada PT.Pegadaian (persero) Cabang Kolaka Upc Lasusua dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah sebagai berikut: Kurangnya minat masyarakat pada produk pegadaian, sehingga pihak pegadaian lebih memberikan pemahaman tentang produk pegadaian tertentu kepada masyarakat, Kurangnya sumber daya manusia pada saat melakukan kegiatan sosialisasi, Persaingan yang ketat antar Pegadaian karena memiliki produk yang sejenis. Dari data jumlah nasabah keseluruhan produk pegadaian terlihat peningkatan jumlah nasabah yang cukup signifikan setiap bulannya, dimana kita lihat pada tabel untuk nasabah tabungan emas dari bulan september – november sebanyak 755 nasabah, nasabah KCA dari bulan september – november sebanyak 1033 dan nasabah usaha mikro dari bulan september – november sebanyak 679. Maka total keseluruhan jumlah nasabah produk pegadaian Tabungan emas, KCA, dan Usaha Mikro adalah sebanyak 2.467 nasabah.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk Tabungan Emas, Kca, Usaha Mikro, Pegadaian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 06:45 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 06:45 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4797 |
Actions (login required)
View Item |