PENGARUH PRODUK DAN LOKASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA KADONG-KADONG MENABUNG DI BANK SYARIAH BELOPA

NURDIN, NURDIN (2021) PENGARUH PRODUK DAN LOKASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA KADONG-KADONG MENABUNG DI BANK SYARIAH BELOPA. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of NURDIN.PDF] Text
NURDIN.PDF

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurdin, 2021. ”Pengaruh Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Desa Kadong-Kadong Menabung Di Bank Syariah Belopa”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muzayyanah Jabani
Bank memiliki beberapa sarana yang harus dicapai, salah satunya adalah memberikan informasi yang benar-benar dibutuhkan nasabah dalam hal keuanganya pada saat dibutuhkan. Namun pada kenyataannya, masyarakat masih banyak yang menganggap bahwa menabung di bank syariah dan konvensional sama saja karena kurangnya sosialisasi dan pemahaman masyarakat tentang operasional dari lembaga keuangan syariah. Munculnya bank konvensional yang lebih banyak daripada bank syariah juga dapat menyebabkan kurangnya minat masyarakat yang menabung di bank syariah. Sehingga rumusan maslah dalam penelitian ini yaitu apakah Produk dan Lokasi berpengaruh Terhadap Minat Masyarakat Desa Kadong-Kadong Menabung di Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Produk dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Desa Kadong-Kadong Menabung di Bank Syariah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat desa kadong-kadong. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dari total populasi sebanyak 1.532 jiwa adapun teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dan di analisis dengan regresi linear berganda memakai alat bantu SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan Variabel Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat Desa Kadong-kadong menabung di Bank Syariah. variabel Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat Desa Kadong-kadong di Bank syariah. Produk dan lokasi Bank secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Desa Kadong-kadong menabung di Bank Syariah. Dengan besar pengaruh sebanyak 24,2%, sedangkan sisanya 75,8 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian.
Kata kunci: Produk, Lokasi, Minat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 Oct 2022 02:21
Last Modified: 31 Oct 2022 02:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4802

Actions (login required)

View Item View Item