PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE DI MTsN KOTA PALOPO

NIRWANA, NIRWANA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE DI MTsN KOTA PALOPO. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of NIRWANA.pdf] Text
NIRWANA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nirwana, 2022. Pengembangan E-Modul Matematika Pokok Bahasan Himpunan
Menggunakan Sigil software di MTsN Kota Palopo. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiah Dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Muh. Hajarul
Aswad dan Dwi Risky Arifanti.
Pengembangan e-modul matematika menggunakan sigil software
merupakan salah satu sarana guna membantu peserta didik dalam pembelajaran.
Fakta yang ada di lapangan menunjukkan pengetahuan dasar matematika peserta
didik sangat kurang, kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses
pembelajaran, dan kurangnya minat peserta didik dalam memahami materi, hal ini
dikarenakan media pembelajaran kurang menarik dan belum tersedianya media
pembelajaran yang menekankan pada IT. Berdasarkan masalah yang ada,
dibutuhkan solusi untuk memotivasi peserta didik dalam belajar matematika dan
pendidik membutuhkan media pembelajaran yang menarik agar peserta didik
mudah menerima dan memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas e-modul matematika pokok
bahasan himpunan menggunakan sigil software di MTsN Kota Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
Development (R&D), dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu
analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta
didik kelas VII MTsN Kota Palopo tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, lembar validasi ahli, angket, tes hasil belajar serta
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data
deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penilaian menunjukkan bahwa e-modul termasuk dalam kategori valid
dengan skor persentase 80,25%. Hasil praktikalitas dari pendidik dan peserta didik
diperoleh skor rata-rata 91,13% yang berada pada kategori sangat praktis.
Berdasarkan hasil Ketentuan Klasikal diperoleh 76,19% dengan kategori efektif.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika
menggunakan sigil software pada pokok bahasan himpunan layak untuk
digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: E-modul matematika, Himpunan, sigil software

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2022 00:39
Last Modified: 01 Nov 2022 00:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4806

Actions (login required)

View Item View Item