INDRIATI, INDRIATI (2022) MANAJEMEN KINERJA GURU DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) SMA NEGERI 10 LUWU. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
Text
INDARTI.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Indriati, 2022,“Manajemen Kinerja Guru di Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Negeri 10 Luwu”. Skripsi studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Fatmaridah Sabani dan Ali Naharuddin Tanal.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Kinerja Guru di Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Negeri 10 Luwu. Adapun yang membuat penulis tertarik untuk membuat skripsi ini di dasarkan pada hasil observasi dan wawancara awal yang penulis lakukan dengan kepala sekolah unit pelaksana teknis (UPT) SMA Negeri 10 luwu, dimana Kinerja guru di unit pelaksana teknis (UPT) SMA Negeri 10 Luwu ada yang kinerjanya baik dan ada yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui manajemen kinerja guru yang meliputi bagaimanakah perencanaan kinerja guru, bagaimanakah evaluasi kinerja guru, dan bagaimanakah strategi peningkatan kinerja guru di Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Negeri 10 Luwu.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan telaah dokumen. Sumber data penelitian yaitu wawancara dengan kepala sekolah dan guru di Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Negeri 10 Luwu sebagai sumber data primer dan sumber data sekunder yaitu observasi dan telaah dokumen. Adapun Analisis data yaitu Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan kinerja guru di Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Negeri 10 Luwu yaitu kepala sekolah memberikan tugas atau beban kerja berupa bertanggung jawab kepada sekolah dalam hal kegiatan belajar mengajar (KBM). Namun di Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Negeri 10 Luwu ada hal yang tidak ditemukan yaitu tidak adanya perjanjian kinerja. (2) Evaluasi kinerja guru di Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMA Negeri 10 Luwu sudah terprogram dengan baik terlihat dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan umpan balik. Namun peneliti terkendala terkait data hasil penilain kinerja guru tidak dapat peneliti jangkau karena datanya bersifat rahasia. (3) Strategi peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah berupa pembinaan kinerja guru dengan pengadaan pelatihan, dan pemberian motivasi kepada guru. kendala yang dihadapi guru kurang menguasai Information and Communication Technology (ICT).
Kata Kunci: Manajemen Kinerja Guru, Unit Pelaksana Teknis (UPT)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 06:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 06:06 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4812 |
Actions (login required)
View Item |