PEMBELAJARAN PERSONALIZED LEARNING DALAM MELAFALKAN PUISI PRIBADI DI KELAS IV SDN 20 BATTANG KOTA PALOPO

WINDIYANTI, WINDIYANTI (2022) PEMBELAJARAN PERSONALIZED LEARNING DALAM MELAFALKAN PUISI PRIBADI DI KELAS IV SDN 20 BATTANG KOTA PALOPO. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of WINDIYANTI.pdf] Text
WINDIYANTI.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRACK
WindiYanti, 2022, “Pembelajaran personalized learning dalam melafalkan
puisi pribadi di kelas IV SDN 20 Battang Kota Palopo”
skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (I) Edhy Rustan ,
dan Pembimbing (II) Lilis Suryani.
Skripsi ini membahas mengenai masalah yang dilatarbelakangi oleh
penerapan model yang diterapkan oleh Guru di SDN 20 Battang Kota Palopo.
Berdasarkan hasil kajian awal di Kelas IV SDN 20 Battang Kota Palopo, Guru
mengatakan bahwa sudah menerapkan model pembelajaran personalized learning,
Penerapan model pembelajaran personalized learning secara umum ada yang
kurang optimal oleh Karena ada yang tidak optimal dari model tersebut maka
peneliti mempunyai inovasi untuk mengembangkan model baru.
Tujuan penelitian ini adalah, (I) Untuk mengetahui Penerapan
Pembelajaran Personalized Learning Dalam Melafalkan Puisi Pribadi Di Kelas IV
SDN 20 Battang Kota Palopo, (II) Untuk mengetahui model pembelajaran
personalized learning yang seharusnya di lakukan dalam melafalkan puisi pribadi
di Kelas IV SDN 20 Battang Kota Palopo. Dalam Penelitian penulis
menggunakan : Metode yang digunakan adalah metode mixed metode di mana
metode ini proses penelitiannya kual-kuan namun peneliti menggunakan jenis
penelitian Kualitatif. Lokasi penelitian untuk di terapkannya Model Personalized
Learning, Di SDN 20 Battang Kota Palopo. Pengumpulan data melalui
wawancara, dokumentasi, dan lembar observasi pada guru dan siswa.
Hasil penelitian yaitu : (I) Model personalized learning yang telah di
terapkan oleh Guru ada yang kurang optimal. Langkah pertama yang kurang
optimal antara lain mengerti karakter siswa dan bagaimana mereka belajar dengan
cara terbaik mereka (II) Adapun 12 langkah model baru Personalized Learning
antara lain : memahami sikap peserta didik, menggunakan lingkungan sebagai
sumber belajar, manajemen ruang kelas, mengarahkan siswa untuk menganalisa,
sistem puzzle, penyediaan bahan ajar, berperan sebagai tutor, pengalaman belajar,
media canva, menggunakan media pembelajaran, rubrik penilaian, penilaian
sistematis.
Kata Kunci : Model Personalized Learning, Melafalkan Puisi, Karakter siswa,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Nov 2022 23:59
Last Modified: 25 May 2023 00:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4829

Actions (login required)

View Item View Item