NURQALBI, NURQALBI (2022) KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBASIS PELATIHAN KEPRAMUKAAN DI KELAS VI SDN 232 KARONDANG KECAMATAN TANA LILI KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
Text
NURQALBI.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurqalbi, 2022. “Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbasis Pelatihan Kepramukaan di SDN 232 Karondang Kecamatan Tana Lili Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I) Firman (II) Hisbullah
Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Dimana peserta didik berkesempatan belajar sendiri atau melakukan aktivitas sendiri. Hal ini dikenal dengan istilah pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Bukannya berpusat kepada pendidik dimana pendidik menyampaikan pengetahuan kepada peserta didik dan peserta didik sebagai pihak penerima. Agar peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, pendidik harus merancang kegiatan pembelajaran yang menuntut peserta didik melakukan kegiatan belajar secara aktif baik fisik maupun mental. Hal ini dilakukan melalui keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis pelatihan kepramukaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis pelatihan kepramukaan dan menguji keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis pelatihan kepramukaan yang telah dirancang oleh peneliti dalam hal ini penulis sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian Applied Research atau penelitian terapan menggunakan pendekatan mix method dengan desain penelitian evaluatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis pelatihan kepramukaan yang didalamnya memuat tiga aspek yang diamati yaitu, pendahuluan, inti, dan penutup yang merujuk pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dirancang tergolong praktis dan masuk kedalam kategori baik dilihat dari hasil pengamatan observer dengan persentase mencapai nilai 86,66 % dengan kualifikasi sangat baik. Selanjutnya untuk hasil uji keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis pelatihan kepramukaan yang merujuk pada keterampilan dalam mengelola kelas masuk kedalam kriteria sangat baik dengan nilai persentase mencapai 82,45%. Hal ini menunjukkan hasil analisis deskriptif pada perencanaan dan uji keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis pelatihan kepramukaan yang telah dirancang tergolong praktis dan masuk kedalam kategori baik digunakan pada kelas VI SDN 232 Karondang karena dapat menunjukkan siswa lebih aktif di dalam proses pembelajaran serta terciptanya suatu kondisi belajar yang optimal dalam suasana yang menyenangkan dan mencapai tujuan pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, Talking Stick, Pelatihan Kepramukaan, Uji Keterlaksanaan, Keaktifan Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 00:42 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 00:42 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4836 |
Actions (login required)
View Item |