PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BELOPA

Hasyim, Alfia (2011) PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BELOPA. UNSPECIFIED thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Alfia.pdf] Text
Alfia.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ALFIA HASYIM,
2011.“PengaruhPemanfaatanWaktuBelajarMatematikaTerhadapPrestasiBelajarMat
ematikaSiswaKelas VIII SMP Negeri 1 Belopa”.Skripsi. Program
StudiPendidikanMatematikaJurusanTarbiyah. Pembimbing.(dibimbingolehDrs. H a
s r i, M. AdanDrs. AndiIkaPrasasti A., M.Pd)
Skripsi ini membahas tentang adanya pengaruh antara pemanfaatan waktu belajar
terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Belopa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
DimanapopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIII SMP Negeri 1 Belopayang
berjumlah 300 siswa, terdiridari8 kelas.Adapunjumlahsampelnyadiambil 20%
darijumlahpopulasiyaitu 60 orang siswa.Teknik yang
digunakandalammengambiljumlahsampeladalahdenganmenggunakanproportional
random sampling.Bentukinstrument yang
digunakanberupaangketdenganskalaLikertdandokumentasi yang
v
berupanilaiulanganhariansiswa.Teknikanalisis yang
digunakanadaduamacamyaituteknikstatistikdeskriptifdanstatistikInferensial.Untukana
lisiskuantitatifdigunakanstatistikdeskriptifyaitunilai rata-rata, frekuensi,
nilairendahdannilaitinggi yang di perolehsiswa, diolahsecara manual
danmenggunakan SPSS 11.5.
Hasilpenelitiandekriptifmenunjukkanbahwapemanfaatanwaktubelajarsiswakelas VIII
SMP Negeri 1 Belopamemperolehnilai rata-rata (mean) 72,60. Standardeviasi
12,081.Sedangkanskormaksimum 94danskor minimum 38.
Dengandistribusipersentasepemanfaatanwaktubelajarsiswakelas VIII SMP Negeri 1
Belopaadalah 5% memperolehnilairendah, 21,7% memperolehsedang, 53,3%
memperolehnilaitinggidan 20% memperolehnilaisangattinggi. Sedangkanuntuk
PrestasiBelajarMatematikasiswakelas VIII SMP Negeri 1
Belopamemperolehnilairata-rata (mean) 81,80, standardeviasi 12,035,
skormaksimum 100,skor minimum 46.
DistribusipersentasePrestasiBelajarMatematikasiswakelas VIII SMP Negeri 1
Belopaadalah 3,3% memperolehnilairendah, 8,4% memperolehnilaisedang, 36,6%
memperolehnilaitinggidan 51,7% memperolehnilaisangattinggi.
HasilanalisisInferensialmenunjukkanbahwaterdapatpengaruh yang
sangatrendahantaravariabel X danVariabel Y. Sumbangan yang diberikanolehvariabel
X terhadapvariabel Y hanyar square = 0,03 atauhanya 0,3%.
Olehkarenanilaisumbangansangatkecilmakanilaitersebutdiabaikan.Jadikesimpulannya
adalahtidakterdapatpengaruh yang signifikanantaravariabel X
yaitupemanfaatanwaktubelajarmatematikaterhadapvariabel Y
yaituPrestasiBelajarMatematika.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:16
Last Modified: 11 Nov 2022 06:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item