Astika, Astika (2011) HUBUNGAN ANTARA SIKAP BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN PALOPO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.
Text
Astika.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
ASTIKA. 2011. Hubungan antara Sikap Belajar dan Prestasi Belajar Matematika
Siswa Kelas X MAN Palopo. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing (I) Sukirman Nurdjan,
S.S., M.Pd., Pembimbing (II) Andi Ika Prasasti A., M.Pd.,
Kata Kunci : Hubungan, Sikap Belajar, Prestasi Belajar Matematika.
Penelitian ini termasuk penelitian ex-post fakto yang bersifat korelasional
yang akan menyelididki hubungan antara sikap belajar dan prestasi belajar
matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sikap belajar matematika siswa
kelas X MAN Palopo. Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas X
MAN Palopo. Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara
sikap belajar matematika dan prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN
Palopo. Manfaat hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap belajar mempunyai
hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN
Palopo, maka dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan perlu diupayakan
bagaimana siswa dapat memperbaiki sikap belajar matematikanya.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MAN Palopo
semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 128 siswa yang tersebar pada 6
(enam) kelas yang paralel. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 32
dari jumlah populasi. Data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian, dianalisis
secara statistik yaitu (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan sikap belajar
matematika dan prestasi belajar matematika siswa, (2) statistik inferensial untuk
menguji hipotesis, yaitu analisis korelasi. Skor rata-rata sikap belajar matematika
siswa kelas X MAN Palopo sebesar 61,40 dengan standar deviasi 6,676. Sedangkan
skor prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Palopo sebesar 77,50 dengan
standar deviasi 6,515.
Hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan informasi bagi guru dan
siswa dalam usaha memperbaiki variabel yang turut mempengaruhi prestasi belajar
siswa khususnya bidang studi Matematika. Hasil penelitian ini juga diharapkan
mampu memberikan sumbangan pikiran terhadap peningkatan prestasi belajar siswa
baik pendidikan secara umum maupun sekolah tempat dilakukannya penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 06:57 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 06:57 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4877 |
Actions (login required)
View Item |