Halina, Halina (2011) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PRINSIP FOKUS PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII3 SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.
Text
Halina.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
HALINA., 2011., Upaya Meningkatkan Penguasaan Matematika Melalui
Penerapan Prinsip Fokus Pembelajaran pada Siswa Kelas VII3 SMP
Negeri 8 Palopo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan
Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palapo.
Pembimbing (1) Dra. St. Marwiyah M.Ag., Pembimbing (II) Drs.
Nasaruddin M.Si.
Kata kunci: Penerapan Prinsip Fokus Pembelajaran pada Siswa Kelas VII3
SMP Negeri 8 Palopo
Skripsi ini membahas tentang penerapan prinsip fokus pembelajaran untuk
meningkatkan penguasaan matematika siswa kelas VII3 SMP Negeri 8 Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang
dilaksanakan di SMP Negeri 8 palopo. Dimana subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VII3 semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa terdiri
dari 20 siswa Putri dan 15 siswa putra. Data yang dikumpulkan adalah hasil tes
evaluasi dan hasil lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan manual
secara kuantitatif dan kualitatif, untuk ananlisis kuantitatif digunakan statistik
deskriptif yaitu nilai rata-rata, standar deviasi, varians, frekuensi, nilai rendah dan
nilai tinggi yang diperoleh siswa, diolah secara manual dan menggunakan SPSS 11.5.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitatif: pembelajaran dengan
menggunakan penerapan prinsip fokus sangatlah bagus digunakan karena siswa harus
fokus tidak hanya sekedar mengahafal tetapi memusatkan perhatiannya pada saat
pembelajaran berlangsung. Nilai rata-rata penguasaan matematika siswa Kelas VII3
SMP Negeri 8 Palapo setelah diterapakan prinsip fokus pembelajaran dapat terlihat
dari siklus I, II, ke III mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 38,46 pada siklus I,
58,68 pada siklus II, dan menjadi 82,80 pada siklus III. Jumlah siswa tuntas pada
siklus I sebanyak 4 orang siswa(11,42%) siklus II sebanyak 8 orang siswa(22,85%)
dan pada siklus III meningkat menjadi 35 orang siswa (100%). Sedangkan nilai
terendah pada siklus I yaitu 20 dengan rentang 70, nilai terendah pada siklus II yaitu
45 dengan rentang 47, dan pada siklus III yaitu 65 dengan rentang 33. Kualitatif:
secara kualitatif dapat dilihat dari perubahan sikap siswa yang aktif dari siklus I
(13,33%) siklus II (33,33%) dan siklus III menjadi (57,14%) dan gejala kesulitan
siswa pada saat mengerjakan soal dari siklus I (59,52) siklus II (37,61%) dan siklus
III menjadi (15,71%).
Dari hasil penelitian ini dapat terlihat pada bahwa penerapan prinsip fokus
pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan matematika siswa Kelas VII3 SMP
Negeri 8 Palopo terjadi peningkatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 07:05 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 07:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4878 |
Actions (login required)
View Item |