WAHYUNI, SRI (2022) ANALISIS PROGRAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS PADA KELAS V SDN 1 LALEBBATA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).
Text
SRI WAHYUNI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sri Wahyuni,2022. “Analisis Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada
Kelas V SDN 1 Lalebbata Kota Palopo”.Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.Pembimbing (I) H.
M. Arief dan Pembimbing (II) Hisbullah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pembelajaran
tatap muka terbatas yang seharusnya pada kelas V SDN 1 Lalebbata.Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan
verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala
sekolah dan 3 orang wali kelas pada kelas V SDN 1 Lalebbata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan guru harus
mempersiapkan administrasi guru sesuai dengan kondisi yang dialami seperti
kalender pendidikan, promes, prota, silabus, RPP, buku absen, KKM, daftar nilai,
buku paket, bahan ajar, dan tata tertib kelas. Untuk pelaksanaan pembelajaran setiap
kelas membagi peserta didiknya menjadi dua bagian, ada yang shift pagi masuk
pada pukul 07.30-09.00 dan untuk shift siang masuk pada pukul 09.30-
11.00.Kegiatan guru terbatas sehingga guru hanya menyampaikan point-point
penting materi tersebut guru juga tidak melakukan beberapa langkah pembelajaran
didalam kelas yaitu guru tidak menyampaikan alokasi waktu pembelajaran, guru
tidak menyediakan media pembelajaran yang menarik dan guru tidak menerapkan
strategi pembelajaran secara berkelompok.Begitu juga dengan evaluasi
pembelajaran guru melakukan ulangan harian dan tugas-tugas harian seperti
biasanya dan hasil belajar peserta didik juga membaik jika dibandingkan dengan
pembelajaran yang dilakukan dirumah. Adapun program pembelajaran tatap muka
terbatas yang seharusnya pada kelas V penulis menggagas 6 langkah baru yaitu 1)
Guru menyampaikan materi dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang
dapat menarik minat belajar peserta didik, 2) Guru memberikan materi
pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, 3) Guru mengevaluasi
pemahaman peserta didik, 4) Guru merancang rubrik penilaian 5) Guru berperan
sebagai motivator, 6) Guru sebagai penyedia pengalaman belajar.
Kata Kunci: Masa Pandemi,Pembelajaran tatap muka terbatas,sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 07:01 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 07:01 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4890 |
Actions (login required)
View Item |